Dunia otomotif memang sarat dengan para mekanik handal yang penuh kreativitas. sebut saja untuk memodifikasi motor balap perlu beratus -ratus krativitas yang perlu dicurahkan. Tidak hanya kreativitas namun insting mekanika, fisika juga perlu di pergunakan dalam meningkatkan performa motor yang kita inginkan.
Desainer kali ini dikreasikan oleh widya kirdhalaksana yang biasa di sapa gendhut asal kota gudeg. Korekan kali ini berhasil meningkatkan flow atau aliran udara gas baik pada porting intake dan exhaust manifold.
Hasil riset terbaru dibuat lubang intake sebesar 24 mm dan lubang exhaust 23,5 mm. Tidak hanya itu juga Gendut menerapkan katup diameter 26, 5 mm (in) dan 23 mm (ex), pertimbanganya untuk meminimalisir terbuangnya gas segar saat over lap. Durasi noken as bermain di angka 272 derajat (in) dan 268 derajat (ex).
Detail desain noken as pada sisi closing ramp lebih curam, agar katup menutupnya lebih cepat, terang orang yang berkulit sawo matang ini.
Selain itu mekanik handal ini juga mencoak piston sehingga ruang bakar menjadi lebih besar. Bobot pistonpun jadi lebih berkurang. Dengan beberapa setingan yang menghasilkan power maksimal maka diperlukan juga kekuatan logam yang mampu menahan putaran, gesekan antar logam yang tangguh. Solusinya diperlukan sparepart yang memiliki kualitas tinggi contohnya kruk as diganti dengan memiliki kekuatan yang bagus.
Kebutuhan transfer power yang lebih responsive juga dibutuhkan untuk menompang beban pengandara yang berat juga. Untuk itu kampas kopling digantikan Suzuki FR-80 serta plat kopling karbon yang sengaja disorder dari Thailand, komplit dengan pegas kopling yang berdiameter lebih tinggi 2 mm serta memiliki profil spiral 2.5 mm, selain itu gigi rasionya pun di buat perbandingan ringan gigi 1 (33-13), 2 (32-18), 3 (29-21) dan 4 (26-23). Perbandingan kompresi yang dibuat untuk mendampingi rasio gigi adalah 13,5 : 1 sehingga dihasilkan rpm yang maksimal untuk mencapai top speednya. Untuk memaksimalkan torsinya maka pengapianya pun harus dirubah dengan CDI rextor prodrag dan di install model DC yang dipercayakan menggunakan koil milik YZ 125. Dengan desain diatas maka didapatkan motor yang memiliki performa maksimal di tarikan atas.
Untuk itu gendut juga memodifikasi pada karburator dengan tipe Keihn PWK 28, diseting dengan main jet 127 dan pilot jet 32. Dan dilepas knalpot trioval produk AHM.
0 komentar:
Posting Komentar